Monday, February 10, 2014

4 Jenis Promosi

     Berdagang, berbisnis, atau berjualan hanya pasrah menunggu datangnya pembeli, kondisi ini sudah pasti tidak baik. Membuka bisnis dan orang lain tidak mengetahui produk atau jasa apa yang di pasarkan, Tentu hal ini berbahaya. Kita mengenal bahasa penawaran dalam bentuk yang beragam yang disebut dengan iklan.

Promosi merupakan upaya yang sangat penting untuk melakukan pemasaran atau menawarkan produk atau jasa dengan tujuan menarik calon konsumen untuk membeli atau mengkonsumsinya. Tanpa terlepas dari berbagai arti, jelas untuk kemajuan sebuah bisnis yang dibangun sudah pasti produk harus terjual kepada konsumen.

Apapun langkah dan upaya seorang usahawan untuk menjual produk dan jasa yang mereka jadikan komoditi yaitu dengan Langkah tepat dalam melakukan promosi, jawabannya sudah pasti dengan memasang iklan.

Media periklanan adalah bentuk komunikasi baik langsung maupun tidak langsung yang digunakan untuk mempengaruhi individu untuk membeli produk atau jasa selain itu juga dapat bersifat untuk membujuk calon pelanggan untuk membeli atau mengkonsumsi merek tertentu produk atau jasa.
Pada aplikasinya, media iklan ada dua macam yaitu:

media iklan dalam ruang (Indoor advertising) : iklan televisi.radio,surat kabar, majalah maupun
media iklan luar ruang (Outdoor advertising) : billboard, banner, spanduk, baliho, neon box, shop sign branding, dll.

Iklan
Media luar ruang adalah media yang tepat bagi perusahaan untuk melakukan promosi, dengan karakter visualisasi yang menarik perhatian memudahkan orang untuk mengenal suatu produk dan mudah dalam mengingatnya karena biasa ditempatkan di tempat-tempat strategis dan mudah dilihat orang. Pastinya biayanya lebih murah.
 
Dan kali ini saya akan mencoba menjelaskan berbagai jenis-jenis promosi. 
Ada 4 jenis dari promosi, yaitu : 


A. Advertensi
 Pengertian dari advertensi adalah suatu bentuk dorongan yang tidak bersifat untuk meningkatkan permintaan atas suatu barang, jasa atau lembaga penjualan melalui surat-surat langsung atau memakai media sebagai media perbandingan (William J. Shultz).
Pengertian advertensi adalah suatu bentuk penyajian dan promosi yang sifatnya umum/bukan pribadi dari barang, jasa dan ide, yang dibayar oleh sponsor yang dikenal, Philip Kotler (1987).
Berdasarkan pengertian tersebut diatas maka advertensi tersebut dapat diuraikan sebagai berikut. Advertensi bersifat non personal, yang berarti bahwa advertensi ditujukan kepada konsumen dengan menggunakan suatu media, sehingga antara promotor dengan target sasaran tidak dapat berdialog dengan langsung. Advertensi mempromosikan dengan barang dan jasa. Advertensi menunjukkan adanya sponsor yang dikenal. Advertensi memerlukan biaya (harus dibayar).

B. Personal selling
Personal selling adalah penjualan oleh perorangan dapat didefinisikan sebagai suatu penyajian secara lisan dalam bentuk percakapan dengan satu atau lebih calon pelanggan dengan maksud mengadakan penjualan, Philip Kotler (1987). Berdasarkan pengertian tersebut diatas, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa personal selling dilakukan secara lisan dalam dalam bentuk percakapan antara tenaga penjual dengan satu atau beberapa calon pembeli dengan tujuan akhir melakukan penjualan. Cara ini merupakan satu-satunya cara promosi yang dapat menggungah hati pembeli dengan segera serta pada tempat dan waktu itu juga diharapkan calon konsumen dapat mengambil keputusan untuk membeli barang atau menggunakan jasa tersebut.

Bentuk promosi secara personal dengan presentasi lisan dalam suatu percakapan dengan calon pembeli yang ditujukan untuk merangsang pembelian atau  kegiatan mempromosikan suatu produk dengan cara mendatangi ke tempat konsumen berada, oleh seorang wiraniaga/salesperson. Dengan adanya kontak langsung antara wiraniaga dan konsumen, maka terjadilah komunikasi dua arah.
Tugas seorang wiraniaga adalah sebagai berikut :

1. Memberikan informasi produk kepada konsumen
2. Menjelaskan manfaat produk kepada konsumen
3. Menjawab pertanyaan/argumentasi dari konsumen
4. Mengarahkan konsumen agar terjadi transaksi
5. Memberikan pelayanan purna jual

Sifat-sifat penjualan tatap muka adalah sebagai berikut :

1. Personal atau adanya kontak langsung dengan konsumen
2. Tanggapan langsung atas pertanyaan/reaksi konsumen
3. Mempererat hubungan dengan konsumen, apabila sikapnya memuaskan
4. Biaya operasionalnya cukup tinggi

C. Publicity
Publisitas adalah merupakan dorongan yang bersifat tidak perorangan terhadap permintaan suatu produk, jasa yang sifatnya komersial didalam media yang dipublikasikan atau penyajiannya secara tepat melalui televisi, radio yang tidak dibayar oleh sponsor, Philip Kotler (1987). Berdasarkan pengertian tersebut diatas, maka ditarik kesimpulan bahwa publisitas merupakan keterangan tentang suatu produk tertentu yang disebutkan dalam bentuk berita, hal mana merupakan keuntungan karena dalam pelaksanaanya tidak dibayar oleh sponsor.

D. Sales promosi
Promosi penjualan adalah suatu istilah yang dipakai untuk menyatakan aktivitas-aktivitas yang melengkapi baik penjualan perorangan maupun advertensi dan membuatnya efektif, Converse (1989). Definisi promosi penjualan merupakan kegiatan-kegiatan pemasaran selain penjualan oleh perorangan, advertensi dan publisitas yang mendorong konsumen untuk membeli dan mendorong keberhasilan penjualan, Philip Kotler (1987). Berdasarkan pengertian tersebut diatas, maka ditarik kesimpulan bahwa promosi penjualan adalah kegiatan pemasaran yang mendorong pembelian suatu penjulan untuk kembali apa yang disajikan pada penjualan yang dilaksanakan.
Umumnya promosi penjualan bisa digunakan untuk melaksanakan lima tugas pokok.
  1. a.      Meluncurkan produk baru
Teknik promosi penjualan dengan pemberian insentif jangka pendeknya dapat digunakan untuk membantu peluncuran produk baru atau formula baru dari produk yang telah ada. Guna memberikan efek jangka panjang, produk harus memberikan manfaat yang dijanjikan kepada konsumen. Jika tidak pembelian ulang tak akan terjadi.
  1. b.       Membangun pola belanja konsumen
Dengan cara membujuk para pemula (pembeli pertama) untuk membeli ulang. Keberhasilanya tergantung produknya. Bila produknya memberikan keuntungan yang dijanjikan, promosi penjualan dapat membantu terjadinya pembelian ulang, dan ini akan membangun pola belanja konsumen atas produk itu.
  1. c.       Meningkatkan penjualan produk pengiring
Promosi penjualan tidak saja dapat menaikan penjualan suatu produk, tapi dapat juga mempengaruhi peningkatan penjualan produk pengiringnya. Contohnya peningkatan –peningkatan penjualn roti tawar bisa mengakibatkan juga peningkatan penjualan selai
  1. Meningkatkan pemakaian suatu produk.
    Dengan memperkenalkan penggunan baru atau tambahan untuk produk yang sudah ada melalui promosi penjualan,pemakaian sering kali dapat ditingkatkan.
  2. e.       Menetralisir kegiatan promosi pesaing
Promosi penjualan seringkali digunakan untuk mengimbangi kegiatan pesaing, khususnya mereka yang menggunakan media kampanye yang efektif. Tujuanya adalah untuk memelihara konsumen yang ada sekarang. Perusahaan market leader yang berkepentingan melindungi marek sharenya terhadap serangan dari luar sering menggunakn promosi penjualan dengan cara ini.



 Contoh media promosi tentang jenis usaha yang berkaitan dengan RPL.

-Media promosi : Blog, Jejaring Sosial, Forum
 media iklan dalam ruang (Indoor advertising) : iklan televisi.radio,surat kabar, majalah maupun
 media iklan luar ruang (Outdoor advertising) : billboard, banner, spanduk, baliho, neon box, shop  sign branding, dll.
- Contoh jenis usaha yang berkaitan dengan RPL : Proyek Aplikasi Web Percetakan.


Jika seorang usahawan menginginkan kesuksesan besar dalam memperkenalkan, dan menjual produk dan jasa yang dijadikan bisnisnya, maka jalan keluar yang wajib dilakukan adalah dengan ber-iklan.

Sekian post saya hari ini yang berkaitan tentang Jenis-jenis Promosi, semoga bermanfaat.


9 comments:

Unknown said...

taeeeee

Unknown said...

sirik wkwk

Unknown said...

terimakasih ya sangat berguna :v

Unknown said...

terimakasih ya sangat berguna :v

Anonymous said...

Terima kasih Kak mia... informasinya sangat bermanfaat buat kami

FERIRA said...

ok

KELOMPOK 6 XII TKJ SMK NEGERI 15 SAMARINDA said...

Terima kasih

Fauzi Nurdiansyah said...

Love youuuu

gaellmacdougall said...

No deposit bonus codes, casino bonus, casino bonus codes - drmcd
If you're playing at 부천 출장안마 a casino 김해 출장마사지 online 경기도 출장안마 that offers a welcome bonus, you might be wondering if they have 대구광역 출장샵 a welcome bonus code or 김천 출장마사지 a free bonus.

Post a Comment